e-commerce
="https://plus.google.com/106478694680528495252/"rel="author" target="_blank"> Gabung Google Plus

Laman

Rabu, 13 Maret 2013

Prospek Aplikasi Android, IOS, Windows dan Blackberry

Aplikasi yang dimaksud adalah operation system, dalam hal ini adalah perangkat lunak yang membuat suatu komputer dapat dijalankan secara digital. Tanpa sebuah aplikasi atau operation system tersebut tentunya sebuah komputer maupun smartphon dan gadget lainnya akan seperti mayat yang mati karena tidak memiliki roh yang digunakan untuk menjalankannya.

Dalam membahas aplikasi atau operation system ini kita ketahui ada 4 pemain di dunia ini diantaranya Android, IOS, windows dan blackberry OS. Keempat alikasi tersebut tentunya sangat berguna bagi kemudahan menjalankan suatu komputer dan tentunya memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya mulai dari berkomunikasi hingga menjalankan tugas kantor dll. Dari hal tersebut kita akan bahas satu per satu bagaimana prospek kedepan dari keempat aplikasi tersebut.


Pertama dimulai dari Android. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Dari sanalah akhirnya Android banyaka dikenal melalui smartphone dan tablet yang kita pakai. Android sendiri sudah terdiri dalam 10 versi dimana mulai dari yang versi 1.1 hingga yang terakhir versi 4.2 yang dikenal dengan jelly bean, namun yang lebih dikenal dimasyrakat Indonesia adalah yang gingerbread, lalu froyo dan tentunya ICS.

Prospek Android saat ini dapat dibilang cukup menakjubkan mengingat aplikasi ini didekengi oleh banyak perusahaan ternama yang terutama adalah google. Dalam hal ini Android dapat dibilang menjadi saingan berat dari IOS milik Apple. Di Indonesia sendiri prospek andrid dapat dikenal melalui handphone Samsung Galaxy dan juga Sony tentunya juga berbagai merk lokal. Aplikasi ini menjadi tenar dikalangan para Remaja khususnya mengingat bahwa Android memberikan kecanggihan teknologi dibandingkan smartphone yang lainnya seperti yang pertama adalah layar sentuhnya, lalu berbagai macam games yang ditawarkan secara gratis melalui situsnya selain itu dapat dikatakan Android menghasilkan aplikasi yang dibilang cukup mutakhir dibandingkan aplikasi handphone biasa seperti Java dan Symbian. Berbagai aplikasi Android yang benar-benar canggih inilah yang mampu memposisikan dirinya dimata remaja sebagai aplikasi smartphone yang lifestylenya sangat tinggi dimata penggunanya. Dapat dikatakan bahwa Android saat ini prospeknya jika ditunjukan dari life cycle produknya berada diposisi pertumbuhan dan terus berkembang hingga versi yang lebih canggih lainnya.

Selanjutanya adalah IOS, iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Dari sana kita sejenaak berkata bahwa IOS milik apple ini tidak memiliki prospek, namun jangan salah IOS ini bahkan mampu menandingi pesaingnya seperti Android maupun Windows. Pada 12 September 2012, App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali. Aplikasi ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012, terbanyak setelah Android Google. Pada bulan Juni 2012, iOS mencakup 65% konsumsi data web mobile device (termasuk di iPod Touch dan iPad). Pada pertengahan 2012, terdapat 410 juta perangkat bergerak yang diaktifkan. Menurut Apple pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah dijual sepanjang bulan Juni 2012.

Berdasarkan informasi diatas dapat dikatakan bahwa IOS juga memiliki prospek tersendiri. Namun jangan heran bahwa di Indonesia lebih banyak didominasi oleh Android hal ini dikarenakan IOS hanya digunakan pada pemgguna Iphone, Ipad dll milik Apple saja dan harga apple yang tergolong cukup tinggi dan bisa dibilang premium akan sulit ditemui oleh pemakai orang-orang Indonesia. Namun jangan salah lagi bahwa Apple ini lebih banyak digunakan oleh orang-orang di negara maju seperti Korea, Eropa dan Amerika. Jumlah pengguna IOS dan gadget-gadget milik apple hampir dapat dikatakan sama banyaknya pengguna Android di negara kita, maka jangan kaget bahwa diluar negeri khususnya negara maju banyak yang lebih menggunakan IOS ini dibandingkan dengan Android.
http://nurkholish16.blogspot.com/2013/03/prospek-aplikasi-android-ios-windows
Selanjutnya adalah windows. Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Dalam bahasan ini lebih tepatnya kita bahas windows 8 karena bisa disejajarkan dengan berbagai aplikasi diatas. Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.

Prospek windows 8 ini dapat dikatakan seperti seorang raja yang ingin mempertahankan tahtanya setelah dibombardir dengan android dan Ios. Windows 8 ini juga menggandeng raja handphone yang juga ingin mengambil tahta kesuksesannya beberapa tahun lalu yaknia Nokia. Windows dengan windows XP dan 7 nya yang dulu menguasai pasar perangkat lunak dan Nokia yang dulu menguasai perangkat berjalan (mobile device) kini menghadapi kudeta dari Android dan Samsung dalm sisi aplikasi dan juga sisi perangkat berjalan. Maka prospek windows 8 ini dapat dikatakan tidak bisa diketahui mengingat Android lebih mengesankan dari pada windows yang orang lain masih menganggap bahwa windows bukanlah layar sentuh dan bisa dibilang kuno. Maka dari itu Nokia dan microsoft ini meluncurkan senjata terakhirnya untuk merebut kembali tahtanya dengan mengeluarkan smartphone yang bernama Nokia Lumia. Dalam nokia lumia tetap menggunakan perangkat keras dari Nokia namun dengan aplikasi windows 8. Dari sini dapat dikatakan bahwa windows tidak lagi prospek dipasaran kecuali hanya pada konsumen yang loyal padanya dan akan sulit merebut pasar yang dikuasai Android dan IOS.

Yang terakhir adalah BlackBerry adalah telepon seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gawai canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia. RIM menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) bagi BlackBerry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat. OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain-lain.
Berbeda dengan yang lainnya Blackberry atau lebih dikenal dengan sebutan BB ini bukan mengandalkan aplikasi atau sistem operasinya melainkan hanya dari bentuknya yang berbentuk keypad qwerty dan juga keunggulan jaringan nirkabelnya namun yang paling utama adalah karena harganya yang cukup mahal menjadi sebuah fashion tersendiri dan seolah-olah dapat dikatakan orang yang memiliki BB ini orang yang cukup berduit pikir mereka di Indonesia ini. Namun karena berbagai gempuran dari Android yang tidak mengandalkan pencitraan saja namun lebih pada gaya hidup yang smart dan terbilang cukup canggih maka prospek BB akhirnya hanyut diterpa banjir bandang. Maka dari itu hingga sekarang BB sudah tinggal puin-puingnya saja khususnya di Indonesia ini.
Sekian mengenai prospek beberapa aplikasi yang ada di dunia ini, dan perlu dikatehu bahwa masih banyak aplikasi atau sostem operai yang belum kita ketahui seperti Linux , Ubuntu, Symbian, Java dll. Namun yang menjadi warlord diantara aplikasi-aplikasi tersebut adalah 4 aplikasi yang mejadi judul diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Tidak ada komentar: